Pengertian kapal dapat didefinisikan
sebagai “a ship is a floating vessel which is self propelled an capable of
carrying cargo or passenger” (The Marine Encyclopaedic Dictionary by Eric
Sullivan) dimana dapat kita ambil pengertian yaitu kapal adalah sarana angkutan
terapung di air yang dapat bergerak/berpindah sendiri dari satu tempat ke
tempat lain dan mampu mengangkut atau memindahkan muatan/barang atau penumpang.
Dalam perencanaan suatu kapal penentuan tipe atau jenis kapal
merupakan hal yang paling utama, karena kapal yang akan dibangun dapat didesain sesuai dengan kriteria
tertentu baik dari segi konstruksi, stabilitas, jenis muatan, maupun dari segi
ekonominya.
Tipe
atau jenis kapal dapat ditinjau dari fungsi dan tujuannya, jenis muatannya,
daerah pelayarannya, jenis tenaga penggeraknnya dan tipe bangunan atasnya.
Secara umum
penggolongan kapal dapat dibedakan menjadi :
1. Ditinjau dari
Fungsi dan Tujuannya
Kapal industri
Tujuan
pembangunan kapal indusri sendiri adalah memberi pelayanan jasa kepada pengguna
dimana di atas kapal dapat menghasilkan produk barang atau jasa yang notabenenya kegiatan tersebut dilakukan
di atas laut. Seperti kapal penangkap ikan, kapal pesiar, kapal riset, dll.
Kapal
penangkap ikan sekarang ini sudah berkembang dimana bentuk kostruksinya sudah
beragam, bahkan jenis material yang digunakan bukan hanya dari material kayu
tapi juga sudah ada dari baja dan fiber.
Kapal pesiar (cruise ship)
adalah adalah kapal penumpang yang dipakai
untuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu
yang dihabiskan di atas kapal yang dilengkapi fasilitas penginapan dan
perlengkapan bagaikan hotel berbintang.
Sebagian kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan
asal keberangkatan. Lama pelayaran pesiar bisa berbeda-beda, mulai dari
beberapa hari sampai sekitar tiga bulan tidak kembali ke pelabuhan asal
keberangkatan.
Kapal riset pada umumnya digunakan untuk riset dan penelitian yang
berhubungan dengan kelautan. Seperti penelitian gempa bawah laut, pencemaran
air laut. Kapal riset bukan hanya terpung di laut namun sudah ada konstruksi
seperti kapal selam untuk penelitian di bawah laut.
Kapal services
Adalah
kapal yang tujuan pembangunannya menawarkan jasa pada kapal lain seperti:
Kapal
tunda (tugboat) adalah kapal yang dapat digunakan untuk melakukan maneuver/pergerakan,
utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan. Kapal tunda digunakan
pula untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya.
Kapla pandu (pilot boat) adalah kapal yang memandu kapal besar masuk kedalam pelabuhan melalui alur yang berbahaya dan ramai sampai sandar di dermaga. tujuannya tak lain adalah demi keselamatan pelayaran.
Kapal
supply adalah kapal yang memberikan jasa dengan menyupplay barang kebutuhan
makanan ABK ataupun peralatan dan perlengkapan kapal, offshore dll.
Kapal
pemadam kebakaran dibangun dengan tujuan memberikan pertolongan kepada kapal
yang mengalami kecelakaan kebakaran.
Banyak gangguan keamanan di perairan yang harus dicegah, termasuk adanya
serangan dari negeri-negeri lain adalah tujuan pembangunan kapal perang.
Kapal niaga
Kapal
niaga (comercil ship) adalah kapal
yang dibangun dengan tujuan di bidang perdagangan barang dan penyedian jasa
(angkutan penumpang). Contohnya kapal barang, kapal penumpang, dsb.
2. Ditinjau dari
Jenis Muatannya
Kapal barang atau kapal kargo adalah segala jenis kapal yang membawa
barang-barang dan muatan dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Kapal kargo
pada umumnya didesain khusus untuk tugasnya, dilengkapi dengan crane dan mekanisme
lainnya untuk bongkar muat, serta dibuat dalam beberapa ukuran. Contohnya kapal general cargo, kapal
peti kemas (container)
Kapal penumpang
Kapal penumpang adalah kapal
yang digunakan untuk angkutan penumpang. Untuk meningkatkan effisiensi atau
melayani keperluan yang lebih luas. Kapal penumpang dapat berupa kapal Ro-Ro, ataupun untuk perjalanan pendek terjadwal dalam bentuk kapal feri.
Kapal muatan curah
Kapal
muatan curah atau bulk carrier adalah
kapal yang dibangun khusus untuk mengangkut muatan curah (tidak
menggunakan wadah/pembungkus) yang dikapalkan sekaligus dalam jumlah besar dan
cara memuatnya dengan jalan mencurahkan muatan ke dalam kapal. Seperti kapal ore carrier, kapal
tangker, dsb.
Kapal khusus
Kapal khusus adalah
kapal yang secara khusus memuat muatan tertentu saja, diamana bentuk
konstruksinya disesuaikan dengan barang muatannya. Seperti kapal ternak, kapal
LNG, dsb.
Kapal Keruk (dredger)
Fungsinya
adalah memperdalam kolam pelabuhan, alur pelayaran, sungai dan lain-lainnya dan
juga menyediakan tanah untuk reklamasi rawa-rawa (untuk perluasan daerah
menjadi daratan). Pemakaian type-type keruk tergantung dari jenis tanah galian.
3. Ditinjau dari Daerah Pelayarannya
Kapal samudera
Kapal samudera adalah
kapal yang daerah pelayarannya di perairan laut lepas atau digunakan untuk
perdagangan antara negara. Kapal samuderai ini di desaian konstruksinya mampu
melewati berbagai macam perairan karena setiap negara berbeda-beda tingkat ke
extriman perairannya. Contohnya kapal penumpang, kapal barang, dll.
Kapal pantai
Kapal pantai adalah kapal yang daerah
perairannya di perairan dangkal atau disekitar pantai. Umumnya kapal jenis ini
berukuran kecil. Seperti kapal penangkap ikan.
Kapal
sungai dan danau/penyeberangan
Kapal penyeberangan adalah kapal yang
secara khusus untuk melayani penyeberangan antar pulau. Kapal jenis ini daerah
pelayarannya di sungai atau danau. Seperti kapal ferry, kapal roro.
4. Ditinjau dari Jenis tenaga penggeraknya
Kapal motor
Kapal motor (motor vessel) yaitu tipe kapal yang menggunakan motor sebagai
tenaga penggeraknya dan dipasang secara permanen di dalam kapal. Seperti kapal barang, kapal
penumpang, dll
Kapal
uap
Kapal uap (Steam ships) adalah tipe kapal yang menggunakan mesin turbin sebagai
tenaga penggeraknya. Tenaga uap yang dihasilkan dari mesin turbin menggunakan
batu bara sebagai bahan bakarnya.
Kapal layar
Kapal layar adalah
kapal yang menggunakan layar dengan bantuan angin sebagai tenaga
pendorongnya/penggerak utama kapal.
Kapal water jet
Kapal water jet
adalah kapal dimana daya dorong kapal dihasilkan oleh
pancaran air (water jet). Air laut dihisap dengan menggunakan
pompa (pompa sentrifugal atau pompa aksial), kemudian dipancarkan melalui propulsor
(berbentuk nosel) dengan kecepatan tinggi. Daya pompa diperoleh dari mesin
penggerak yang dapat berupa motor diesel atau sistem turbin gas.
5. Ditinjau dari Material yang
Digunakan dalam Pembangunannya
Kapal
kayu
Kapal kayu adalah kapal yang
menggunakan kayu sebagai material utama. Pada umumnya kapal kayu di Indonesia
di dominasi oleh kapal ikan.
Kapal
baja
Kapal baja adalah kapal yang
konstruksinya menggunakan material baja. Pada umumnya
kapal baja selalu menggunakan sistem konstruksi las. Keuntungan
sistem las adalah bahwa pembuatan kapal menjadi lebih cepat jika dibandingkan
dengan konstruksi keeling.
Material baja banyak dugunakan karena siafat baja yang bisa bertahan di kondisi
extrim jika dibandingkan dengan material lainnya. Material baja pada kapal
lebih mudah direparasi jika mengalami kerusakan. Misalnya kapal penumpang,
kapal barang, dll.
Kapal
fiberglass
Kapal fiberglass adalah kapal
yang seluruh kontruksi badan kapal dibuat dari fiberglass. Keuntungan menggukan fiberglass
adalah karena material ringan. Namun hanya cocok digunakan pada pelayaran
pantai.
Kapal ferro cement
Kapal ferro cement adalah kapal
yang dibuat dari bahan semen yang diperkuat dengan baja sebagai
tulang-tulangnya.
Meski biaya pembangunannya murah dan mudah namun kapal dengam material semen
ini kurang banyak diminati, karena materialnya berat.
6.
Ditinjau dari tipe bangunan atasnya
Ditinjau dari tipe bangunan atasnya, tipe kapal dapat dibedakan sebagai
berikut :
(a)Three island
vessel (kapal tiga pulau)
yaitu kapal yang mempunyai tiga bangunan atas, terdiri dari akil
(forecastle), anjungan (bridge) dan kimbul (poop).
Well decker (kapal geladak sumur) yaitu kapal yang memiliki dua bangunan atas yang
terletak dibagian depan dan belakang kapal sehingga bagian tengah kapal terlihat
lebih rendah menyerupai sumur.
Open shelter decker (kapal geladak lindung terbuka) yaitu kapal
dengan bangunan atas menyeluruh sepanjang kapal yang mempunyai lubang bukaan pada geladak pertama yang tidak kedap. Kapal yang
menggunakan bangunan atas tipe ini bertujuan untuk memperkecil perhitungan
tonase kapal.
Close shelter decker (kapal geladak lindung tertutup) yaitu kapal
dengan bangunan atas menyeluruh sepanjang kapal.
Free deck vessel
yaitu kapal dengan bangunan atas sama dengan tipe open shelter deck.
Source :
http://teori-bangunan-kapal.blogspot.com/2014/02/jenis-jenis-kapal.html
0 komentar:
Posting Komentar